Subscribe:

Pages

Jumat, 29 Januari 2016


Menikmati Pemandian Air Soda Di Desa Parbubu Tarutung,Sumatera Utara



Wisata Pemandian Air Soda, Desa Parbubu, Tapanuli Utara merupakan sebuah keindahan dan keunikan wisata alam yang dimiliki oleh Indonesia, dan beruntunglah Indonesia memiliki wisata seperti ini, karena hanya terdapat dua di Dunia. Ya.... Pemandian Air Soda ini hanya bisa ditemukan di Desa Parbubu Tarutung Sumatera Utara Indonesia dan satu lagi di daerah Venezuela, Amerika Selatan. Unik Bukan Teman-teman Traveler's.

Jika berbicara tentang pemandian air panas, mungkin hal itu sudah biasa, banyak daerah wisata yang menawarkan pemandian air panas di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya lagi di Desa Sipoholon Tapanuli Utara, tidak jauh dari lokasi pemandian Air Soda Desa Parbubu ini juga, dan beberapa lainnya di sumatera utara ada di Berastagi dan Pangururan Samosir. Namun, sensasi wisata mandi air panas tentu sangat berbeda dengan pemandian Air Soda ini, dimana airnya memang terlihat seperti air soda. Coba anda bayangkan jika anda membuka botol minuman ringan bersoda, maka gelembung-gelembung air seperti berkeluaran dari bawah ke atas dan begitu juga dengan pemandian Air Soda di desa Parbubu Tarutung ini.

  

Sebagai satu-satunya pemandian air soda yang terdapat di Indonesia tentunya memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya para Traveller's. Wisata air soda ini pertama kali di kelola oleh seorang warga sekitar bernama Minar Sihite (Op. Ridoi Tobing/Br. Sihite) Dulu Minar Sihite ini merupakan seorang bidan, ketika pulang kampung ia secara tidak sengaja menemukan aliran air soda yang keluar dari semak belukar yang merupakan sumber mata air soda tersebut. Seperti dikutip dari Wikipedia juga, Minar Sihite ini dulunya mendapatkan pesan dari sebuah mimpi yang mengisyaratkan bahwa ia mendapatkan wasiat untuk mengelola tempat tersebut dan ia di perintahkan untuk memberikan Tujuh Pohul Itak (lampet atau berupa makanan yang terbuat dari tepung) dan ketujuh Pohul itak tersebut dibungkus dalam daun pisang, ini sebagai permohonan izin kepada penghuni Gaib dilokasi itu.

Dan mulai pada saat itu, dengan seorang diri ia mengembangkan mata air soda tersebut hingga menjadi sebuah tujuan wisata yang terkenal dari Tarutung, Tapanuli Utara serta unik karena hanya ada dua di Dunia.

  

Ya... Benar saja, ketika mengunjungi lokasi wisata Air Soda ini, yang pertama kita lihat adalah warna airnya seperti kemerahan, hal ini juga yang menyebabkan warga sekitar menyebut air ini sebagai AEK RARA (air berwarna merah). Sebagai wisata Pemandian, tentu setiap pengunjung bisa menceburkan diri disini, ketika mulai menceburkan diri di pemandian yang bentuknya lebih tepat seperti sebuah kolam berbentuk setengah lingkaran ini, tubuh seperti berbusa, dari bawah tekanan soda seperti mengangkat tubuh keatas, sensasi mandinya cukup unik dan aneh, jika dikatakan panas tidak juga sama dengan pemandian air panas lainnya dan tentunya sangat berbeda dengan kita yang mandi atau berenang di pantai, apalagi mandi dikamar mandi. Dan kesamaanya dengan mandi di pantai adalah ketika percikan airnya mengenai mata, maka mata akan terasa perih. Sementara ketika dicicipi air soda ini terasa asin, namun asinnya tidak sama dengan asin air laut. Sementara itu, disekitar lokasi terlihat hamparan persawahan di kejauhan terlihat bukit yang mengelilingi kota Tarutung. Di dukung juga dengan lokasinya yang berada di bawah kaki perbukitan yang mengelilingi Kota Tarutung (rura silindung) membuat susananya berbeda dan udaranya sejuk namun tidak terlalu dingin.

  

Namun, untuk mendapatkan sensasi yang lebih bagus lagi untuk mandi di lokasi wisata ini, maka setiap pengunjung disarankan untuk datang di pagi atau siang hari saja, karena jika sore hari sudah cukup banyak orang yang sudah selesai mandi di lokasi ini, sehingga airnya terlihat seperti keruh karena kadang pengunjung mandi dan menggunakan sabun mandi dan shampoo. Namun, anda tenang saja air soda itu selalu silih berganti, dari bawah mata airnya terus mengeluarkan air sodanya dan di tepian kolam pemandian air itu terbuang dan mengaliri persawahan.

Air Soda Di Desa Parbubu

Namun, ketika menilik lebih dalam tentang Air Soda, Desa Parbubu ini, seperti kalah semangat saya rasa, karena melihat fasilitas di lokasi boleh dikatakan masih cukup minim. Entah karena dikelola oleh perorangan atau pun mungkin lahannya adalah milik warga, namun pemerintah setempat (pemkab tapanuli utara) seperti membiarkan wisata air soda ini begitu saja. Padahal jika dikembangkan lebih kreatif lagi maka para wisatawan akan lebih ramai lagi mengunjungi wisata unik ini. Ya.. sebagai pemandian air soda yang hanya ada dua di dunia dan yang salah satunya adalah pemandian ini, maka seharusnya perhatian yang lebih harus diberikan kembali ke spot air soda ini.

Jika anda ingin mengunjungi lokasi wisata ini, anda cukup datang atau menuju Kota Tarutung saja, dari pusat kota letaknya hanya berjarak sekitar 1 Km saja. Jadi aksesnya sangat mudah, dan untuk fasilitas seperti restoran, hotel, belanja dan keperluan lainnya bisa anda dapatkan langsung di pusat kota Tarutung. Sementara untuk uang masuk, boleh dikatakan tidak ada, setiap pengunjung hanya perlu membayar uang parkir dan kalau mau anda membeli makanan atau minuman kecil di warung di dekat pemandian Air Soda itu. 

0 komentar:

Posting Komentar